FAKTA MENARIK TENTANG KAKI ANDA

Seringkali kita luput mensyukuri hal-hal yang setiap hari kita pakai, kita gunakan, kita lewati, kita rasakan, padahal kalo saja sobat semua meluangkan waktu untuk memikirkan hal-hal tersebut, pasti Allah SWT menciptakan apapun dengan kegunaan dan fungsinya yang spesifik, misalkan organ tubuh kita. Allah SWT menciptakan organ tubuh kita dengan sangat spesifik dan tidak sesederhana yang kita liat, salah satunya kaki kita. Jangan anggap remeh setiap bagiannya :


Fakta #1 Dibutuhkan puluhan tulang dan sendi di kaki untuk menopang tubuh


Agar seseorang dapat berdiri dan berjalan dengan baik, kaki memiliki 26 tulang, 33 sendi, dan ratusan ligamen (urat yang menghubungkan tulang dengan sendi).
Tulang, sendi, dan ligamen sebanyak itu dibutuhkan untuk menopang puluhan kilogram berat badan. Bila ada satu saja yang terganggu, kaki tak mampu menapak dan melangkah dengan normal

 Fakta #2 Ratusan ribu kelenjar keringat untuk mencegah kaki lecet


Sepasang kaki memiliki sekitar 250.000 kelenjar keringat. Kelenjar keringat bersifat asam sehingga bermanfaat untuk melindungi kaki dari infeksi kuman. Keringat juga membuat kulit telapak kaki agak lembap dan tak mudah pecah-pecah.
Manfaat yang tak kalah penting dari kelenjar keringat adalah mencegah lecet akibat gesekan di telapak kaki bila seseorang sedang berjalan tanpa menggunakan alas.


 Fakta #3 Ribuan saraf untuk mencegah kaki terluka


 Kaki manusia memiliki sekitar 8.000 saraf yang bermanfaat untuk memberikan kepekaan terhadap rasa nyeri. Saraf yang berfungsi dengan baik sangatlah penting untuk mencegah luka di kaki.
Pada pasien diabetes yang gula darahnya tidak terkontrol, saraf di kaki mengalami gangguan (neuropati). Kondisi ini menyebabkan kaki tidak sensitif terhadap rasa nyeri sehingga mudah terluka. Sering kali pasien diabetes tidak menyadari kalau ada luka di kakinya karena tidak merasakan apa-apa.


Fakta #4 Lengkung kaki untuk membentuk postur tubuh


 Lengkung kaki sering dianggap sepele. Namun, sebenarnya lengkung kaki sangat berperan untuk membentuk postur tubuh yang normal.
Lengkung kaki yang terganggu, misalnya lengkung kaki terlalu tinggi atau justru datar (flat foot), menyebabkan postur tubuh tidak stabil sehingga terjadi ketegangan otot betis dan tulang belakang.
Selain itu, lengkung kaki juga bermanfaat untuk mendistribusikan tekanan ke seluruh bagian kaki sehingga tak hanya bertumpu pada satu titik tertentu. Hal ini penting untuk mencegah kaki mengalami nyeri atau kapalan pada daerah tertentu


Fakta #5 Tumit kaki menopang kaki saat berjalan dan berlari


Saat berjalan atau berlari, seluruh berat tubuh dibebankan pada kaki. Tumit sangat berperan untuk menopang berat saat kaki berjalan atau berlari. Tanpa tumit, seseorang tidak akan mampu berjalan dan berlari dengan stabil dan akan mudah terjatuh.
Itulah lima fakta menarik tentang kaki yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Rawatlah kaki Anda dengan baik agar kesehatannya tetap terjaga.

Jadi masih berpikir kalo kaki tidak usah diperhatikan? Yuk mulai perhatian sama kaki kita, bisa dengan treatment, dengan alas kaki yang baik, dengan kaos kaki KANIK dan dengan bersyukur disetiap langkahnya.


Anomi Niami

Comments

Popular Posts