Sumpah Pemuda Zaman Now

Jika ditarik kebelakang bagaimana Pemuda Indonesia berkomitmen menyatukan visi guna membentuk karakter “Indonesia” muali dari penyamaan bahasa, suku bangsa dan negara sehingga dari beribu pulau di Indonesia akhirnya mempunyai satu identitas yang utuh yakni  “Indonesia”.
Begini isi Sumpah Pemuda :


Apa kita sudah merasa sebagai pemuda Indonesia? Hihihi saya juga gatau tapi saya ngetik tulisan ini pake bahasa Indonesia, dan diperuntukan untuk orang Indonesia, berbicara tentang Pemuda zaman now dan zaman old, pasti berbeda baik dari segi perjuangannya maupun kehidupannya. Pemuda zaman old itu fokus pada 1 tujuan yakni “merdeka” nah pemuda zaman now itu sudah merdeka dan fokusnya berbeda-beda sesuai minat, bakat dan passionnya. Salah satu yang paling signifikan adalah pemuda zaman now bisa dengan mudah mengakses informasi sehingga dengan mudah juga mendapatkan referensi, tidak terkecuali dalam hal usaha/bisnis. Pemuda zaman old pasti jerih payah untuk mencari guru, informasi dan referensi sehingga ketertarikan untuk membangun usaha atau bisnis pun cukup sulit.
Menjadi Pemuda zaman now merupakan tantangan tersendiri dimana arus informasi yang cepat yang bisa di akses oleh semua pemuda-pemudi didunia merupakan ajang bersaing. Persaingan inilah yang menuntuk kreativitas si pemuda itu sendiri untuk mencari pembeda, membentuk karakter, memacu inovasi mendorong trends guna menciptakan produk/jasa yang mempunyai daya saing.
Pemuda zaman now kita bisa dengan mudah menjadi bisnis dengan memanfaatkan internet sebagai flatform atau wadah bisnisnya, dimana marketplace/sosial media bisa menjadi etalase dagang. Berbicara tentang kemudahan bisnis di era internet banyak sekali produk yang menawarkan keagenan jarak jauh tanpa repot seperti sistem dropshipper (dimana si pembeli merupakan reseller, tanpa menstock barang,  jadi barang dipesan dengan alamat kirim langsung kepada end user).
Salah satu yang memberlakukan sistem ini adalah produsen kaos kaki KANIK, dimana produsen kaos kaki dari Bandung ini mulai mejalankan sistem yang mengadaptasi perkembangan internet, agar setiap orang berkesempatan untuk berbisnis meski dia berada dirumah, seperti apa sistem dropshipper/reseller yang KANIK jalankan :


Nah berkaca dari point utama bagaimana kita bisa menyikapi sumpah pemuda zaman now dengan berbisnis mandiri merupakan sikap kita sebagai pemuda agar jangan jadi orang malas, jangan nyusahin orang lain, berusaha semaksimal mungkin berdiri dan membantu orang lain, dan mengadaptasi perkembangan zaman sebaik-baiknya untuk sesuatu yang baik. Karena dengan menyikapi sumpah pemuda itu sendiri secara tidak langsung kita berikrar untuk tidak jadi SAMPAH INDONESIA.









Comments

Popular Posts